Cara mengatur boot menu pada bios


Cara mengatur boot menu pada bios


Disini saya akan mengajarkan kalian yg belum bias melakukan seting menu boot pada bios . anda bisa membaca artikel yang saya pos sebelum nya untuk mengetahui apa itu bios berserta penjelasan nya … klik di sini ..

Follow nya jangan lupa :)


Sebelum kalian mengistall / memperbaiki system oprasi  yang kalian gunakan biasa nya kalian harus ke menu bios terlebih dahulu agar saat prosess booting bias membaca cd,dvd,hardisk external,maupun flasdisk  windows boottable yang kita buat . hal yang paling penting dalam bios kita tidak menggunakan bios kita akan berkerja 100 o/o mengunakan keyboard ,, contoh nya tombol arah ,sepasi ,tab ,enter,esc , dll tombol lain.

Definisi bios :
            BIOS ( basic input output system ) adalah sebuah software yang di tulis dengan menggunakan bahasa pemerograman assembler.
Fungsi utama bios adalah sebagai jembatan penghubung ( penyatu )perangkat keras (hadwer) dengan perangkat lunak (software)

Langkah mengatur boot pada bios :
1.     Untuk memasuki bios setiap motherboard memiliki pengaturan yang berbeda beda , tergantung jenis (merek) bios tersebut ,, cara untuk memasuki menu bios adalah restart pc / laptop sebelum muncul logo (windows/os x/linux) anda klik salah satu di bawah ini tergantung jenis bios yang anda pakai :f2 ,f11,f12,esc,f10,f8,atau del ,,
Ingat sebelum muncul logo system oprasi (windows/os x/linux) anda harus menekan salah satu tombol tersebut.

2.     Jika anda berhasil , anda akan menemui sebuah menu (tampilan) pada BIOS rata-rata sih seperti di bawah ini ,, walau ada juga yang berbeda


3.     Apa bila anda akan mengistal os dalam bentuk cd/dvd ,usb flasdisk maupun hardisk ,, anda harus memasuki menu boot ,,dengan mengarah ke menu boot,,lalu anda atur dengan mengunakan tomboll arah atas & bawah ..




4.     Setelah anda pilih tab boot bila anda ingin menginstall menggunakan cd / dvd,, yang anda harus lakukan adalah meletakan cd/dvd menjadi paling atas . dengan cara klik kita pindahkan menggunakan tombol arah atas / dengan f5 .

bila sudah klik f10 untuk menyimpan perubahan dan pc akan dengan sendiri nya merestart..



             Setelah booting kembali akan muncul tulisan press any button to boot from cd / dvd  …. Sebaik nya anda enter atau pencet tombol lain ,, selain tombol power pada pc / laptop . ;)

Comments

Popular Posts